Kamis, 12 Januari 2012

CERITA TEMAN-TEMAN SATU KELAS

CERITA TEMAN-TEMAN SATU KELAS

Baiklah, saya akan mulai bercerita. Nama saya Herwati Dwi Ningsih, sekarang saya memilih FKIP dan mengambil Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saya ditempatkan di ruangan belajar 1.A. Kenapa saya ditempatkan di ruangan belajar 1.A? Karena saya ini adalah salah satu mahasiswa/i yang mendaftar di FKIP UIR Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada gelombang 1. Di ruangan belajar ini, sangat banyak teman-teman yang satu ruangan belajar dengan saya. Salah satunya yaitu Endah Suriyati, Fitria Wulan Sari, Frima Yulita, Norcyana Pandu, Novia Indrawanis, Umi Ma’rifah, Yasmika Devi, Yuldiana Sari, Abdul Rosyid, Ade R., Bambang Riyadi, Cahyo Kuntadi, Ganda Saputra, Nixon Roberto, Suryadi, Zulfahmi, dan lain sebagainya.
Teman-teman saya ini rata-rata kelahiran 1992-1993, dan mereka kebanyakan berasal dari luar daerah. Saya fine-fine saja mempunyai teman-teman seperti mereka semua. Hanya saja, saya ini orangnya dari dahulu sampai sekarang lebih suka sendiri (menyendiri) dan tidak mau banyak bicara. Di dalam kesendirian ini, sebenarnya banyak sekali hal-hal dan pengetahuan yang saya dapatkan, untuk saya cari tahu penyelesaian atau jawabannya berdasarkan pemahaman dan logika saya sendiri. Teman-teman saya itu orangnya ramah-ramah semua, apalagi yang laki-laki. Tapi yang saya tidak setuju disini adalah jumlah mahasiswa/i nya yang terlalu banyak.
Menurut buku psikologi yang saya baca, tentunya dengan situasi dan kondisi yang demikian tersebut, tidak akan menghasilkan pembelajaran di ruangan belajar bersifat aman, tentram, dan efektif seperti yang diharapkan. Karena dengan semakin banyaknya mahasiswa/i di ruangan belajar, maka akan berdampak negatif dan tidak akan mampu berkonsentrasi untuk memahami suatu pelajaran yang mungkin saja disebabkan oleh suasana kebersihan kelas, kebisingan atau keributan, tidak adanya ventilasi (pertukaran udara) di dalam ruangan belajar, dan jarak antara bangku yang satu dengan bangku lainnya yang terlalu berdekatan sehingga menimbulkan kerisihan, sesak napas, dan tubuh gerah.
…Mudah-mudahan agar dapat dipahami dan dimengerti penjelasan saya ini…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar